MAKANAN KHAS KALIMANTAN UTARA

MARQUEE BERGERAK KE KANAN

1. Makanan Tradisional Lawa

Lawa merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan Utara yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat Kalimantan Utara. Makanan ini merupakan makanan khas Kerajaan Bulungan, salah satu kerajaan di daerah Kalimantan Utara.

makanan khas kalimantan utara lawa rumput laut

2. Kepiting Soka, Kuliner Tradisional Khas Tarakan

Kalimantan utara juga sangat terkenal dengan kuliner seafood nya. Salah satu yang sangat terkenal ialah kepiting soka. Kalian dapat dengan mudah menemukan makanan khas Kalimantan selatan ini dengan mudah di kota Tarakan. Disamping terkenal dengan kota minyak, kota ini juga terkenal dengan kenikmatan kepiting sokanya.

kuliner khas kalimantan utara kepiting soka

3. Tumis Kapah, Kuliner Tradisional Khas Favorit Kota Tarakan

Selain kepting soka, kuliner laut yang terkenal di Kalimantan Utara adalah Kapah. Kapah sendiri merupakan makanan tradisional khas yang menjadi favorit di kota Tarakan. Adapun kapah sendiri merupakan salah satu jenis kerang laut yang banyak ditemui di Tarakan. Binatang ini dapat kalian temukan di laut atau pantai yang berlumpur.

Makanan tradisional khas kalimantan Utara

4. Tudai, Makanan Tradisional Khas Tanjung Selor

Selain keppah, terdapat pula kerang lain yang dapat dijadikan kuliner nikmat di Kalimantan Utara. Keran tersebut bernama tudai. Tudai merupakan kerang berdaging tebal yang memiliki cangkang berwarna hitam dan jingga. Kalian dapat menemukan kerang ini di daerah Bulungan.
kuliner khas kalimantan utara

5. Nasi Udang, Makanan Tradisional Khas Malinau

Nasi Udang juga merupakan salah satu kuliner laut andalan di Kalimantan Utara. Makanan ini berasal dari daerah kabupaten Malinau. Karena daerahnya yang di banyak dilaui sungai yang masih terawat, udang akan dengan sangat mudah kalian temukan di daerah ini. Keberlimpahan bahan pokok tersebutlah yang membuat manyarakat gemar untuk menyantap udang sebagai lauk.
makanan khas kalimantan utara

6. Dodol Cempedak dan Rumput Laut, Ceminal Khas Kalimantan Utara

Disamping  kuliner berupa makanan berat, terdapat pula beberapa macam cemilan tradisional khas Kalimantan Utara. Salah satunya adalah dodol, atau warga setempat sering menyebutnya dengan istilah lempok. Lempok adatu dodol merupakan cemilan manis yang dbuat dengan bahan buah tertentu yang dicampur dengan teoung ketan atau semacamnya.
Makanan kuliner khas kalimantan utara

7. Nasi Subut, Kuliner Nikmat Khas Tana Tidung

Makanan khas Kalimantan utara yang selanjutnya ialah nasi subut. Nasi ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari kabupaten Tana Tidung. Adapun ciri-ciri unik dari nasi subut ialah tidak berwarna putih seperti nasi pada umumnya, namun berwarna ungu.
Kuliner khas kalimantan utara, nasi subut

8. Sate Ikan Pari, Makanan Khas Nikmat Asal Sungai Sesayap

Sate ikan pari merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Utara yang sangat nikmat. Menu lauk ini juga sering digunakan sebagai menu pelengkap untuk nasi subut. Uniknya ikan pari yang menjadi bahan dasar pembuatan sate ini banyak tersedia di Sungai Sesayap yang merupakan sungai induk di bagian utara Kalimantan Timur.
makanan tradisional sate ikan pari khas kalimantan utara

9. Ikan Asin Richa, Makanan Tradisional Khas tarakan

Kuliner yang satu ini berasal dari kota Tarakan yang berada di ujung utara Kalimantan. Di kota ini kalian akan dengan mudah mendapatkan berbagai macam makanan laut, salah satunya adalah ikan asin. Ikan asin khas tarakan ini merupakan salah satu produk unggulan yang sudah di eksport ke Negara tetangga.
makanan khas kalimantan Utara

10. Sate Temburung, Makanan Tradisional Khas Kalut

Pernahkan kalian mendengar tentang temburung? Temburung merupakan salah satu jenis hewan laut sejenis kerang. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, terdapat banyak sekali kekayaan laut di provinsi ini, salah satunya ialah Temburung.
makanan khas kalimantan barat

Kalimantan Utara menyimpan banyak sekali keunikan dan keistimewaan yang siap untuk kalian telusuri. Jika kalian berkunjung ke provinsi termuda ini, jangan lupa untuk merasakan nikmatnya makanan khas Kalimantan Utara. Semoga bermanfaat !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WISATA BAHARI